Segmentasi Pasar adalah perbandingan pasar dilihat dari kreatifitas cara kita memandang pasar. Maksudnya adalah kita dapat memandang pasar secara lebih kreatif dan kita dapat memanfaatkan pasar-pasar tersebut dalam kategori yang berbeda,dengan begitu kita dapat mencari peluang dari pasar-pasar tersebut. Peranan segmentasi pasar sangatlah penting di dalam manajemen pemasaran dengan begitu pesaing akan merasa di kalahkan karena pesaing akan merasa bahwa kita telah tau perbedaan-perbedaan pasar tersebut.
Ada 3 cara dalam memandang pasar yaitu :
1. Static attribute segmentation : Beradasarkan letak geografi (wilayah) dan Demografi. Maksud Geografi adalah kita memandang pasar dengan perbedaan/ perasamaan negara, kawasan, propinsi, kota. Dan maksud demografi adalah kita memandang pasar berdasarkan usia, pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan dan agama.
2. Dinamic attribute segmentation : Beradasarkan cerminan suatu konsumennya. Pasar tersebut meggunakan cara memandang dengan psikografis dan perilaku. Maksud dari psikografis adalah gaya hidup, kepribadian si konsumen. Sedangkan perilaku adalah sikap dari pelanggan tersebut.
3. Pasar relung : pasar tersebut memandang dari kesamaan karekteristik, kepentingan, kebiasaan berbelanja dan sebagainya.
Oleh karena itu baik kita mengetahui segmentasi pasar ini, bukan hanya menambah pengetahuan kita tetapi kita dapat melihat kesempatan untuk mengalahkan pesaing dalam bisnis kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar